Friday, February 10, 2012

Tentang Air Terjun Niagara


Sekitar 18.000 tahun yang lalu Bagian Selatan Ontario tertutup dengan lapisan batu es setebal 2 km - 3 km. Kemudian lapisan es tersebut mencair dan menggenangi Danau Erie, mengalir melalui Sungai Niagara memasuki Danau Ontario, lalu mengalir ke laut melalui Sungai St. Lauwrence. Semenanjung Niagara bebas dari lapisan es sekitar 12.000 tahun yang lalu. Es yang mencair mengalir membentuk Sungai Niagara tersebut mengalami erosi dan membentuk "Niagara Falls" di Queenston dan Lewiston. 5000 tahun terakhir ini luas danau Erie tinggal 50% saja dan aliran Sungai Niagara berkurang 10 % dari sebelumnya.
Kata "Niagara" bahasa Indian (Iroquois), "Onguiaahra" berarti selat ("strait"). Kalau "Ongniaahra" artinya gemuruhnya air atau "Thunder of Waters". Pada abad ke 17 penduduk setempat menyebutnya "Niagagarega".

Air terjun Niagara adalah air terjun terlebar ke-5 dunia (790m+320m= 1110m) setelah air terjun, "Guiara Falls di Paraguay, "Celilo Falls" di Oregon,USA, "Kettle Falls" di sungai "Columbia" USA dan "Victoria Falls" di Afrika Selatan. Dan merupakan air terjun terdahsyat ke-4 dunia yang terjun dengan volume 2,271,000 liter (600,000 US gallons) per detik.

Air sungai yang terlihat biru kehijauan itu merupakan sumber air minum bagi sekitar 1 juta manusia di Canada dan Amerika Serikat. Selain untuk rekreasi (memancing, berenang dan bersampan), digunakan untuk tenaga listrik (hydro-power generator) dan untuk industri pendinginan.

Sungai Niagara (bagian atas) yang mengalir dari Danau Erie sejauh 35 km, dibelah oleh "pulau kambing ("Goat Island") dan pulau kecil "Luna Island", sehingga membentuk 3 air terjun. Lalu jatuh dengan sangat deras menghantam batu karang di bawahnya dengan kecepatan 40 km sampai 100 km per jam, sehingga membentuk kedalaman air hingga 52 m dibawah permukaan sungai. Setelah air tumpah ke Sungai Niagara (bagian bawah), sungai itu membelok ke kanan (90 derjat) dan mengalir sepanjang 23 km menuju ke danau Ontario, Caada.

Debit air yang tertinggi dicapai pada pertengahan bulan Mei sampai pertengahan September. Pada musim dingin (Desember hingga Februari) Sungai Niagara bisa membeku membentuk jembatan es, debit air sangat berkurang, tapi boleh dikatakan airnya tak pernah berhenti mengalir. (edhie djohan utama)

Sumber http://www.analisadaily.com/news/read/2011/12/18/26694/tentang_air_terjun_niagara/#.TzXDVE4gelI

No comments:

Post a Comment